Beberapa Bacaan Doa Untuk Pengantin yang Penuh Makna Baik

Menikah dengan pasangan yang dicintai adalah anugrah dari Allah SWt yang harus disyukuri. Saat menemukan pasangan yang tepat dan ingin melangsungkan pernikahan, dalam islam akan ada beberapa panjatan doa yang bisa diucapkan. Berikut adalah 5 doa untuk pengantin yang bisa dipanjatkan untuk kebahagiaan dan pada jalan yang baik.

5 Doa Untuk Pasangan Pengantin

  1. Doa Pada Saat Akad Nikah

Doa yang di khususkan untuk pasangan pengantin biasanya akan dipanjatkan oleh orang yang datang pada saat menghadiri acara tersebut. Para tamu undangan akan mengucapkan doa dari Rasulullah SAW yang disebutkan dalam hadis rowayat Abu Hurairah yaitu “Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.”

Yang artinya “Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” Doa yang baik ini akan dipanjatkan untuk mendoakan pasangan pengantin agar senantiasa mendapatkan berkah dan dimudahkan segala urusannya nantinya.

  1. Doa Setelah Akad Nikah

Bacaan doa untuk pengantin berikutnya yang bisa dipanjatkan adalah doa setelah melangsungkan akad nikah. Doa ini biasanya akan dilakukan oleh pihak mempelai laki laki kepada pengantin perempuannya. Bacaan do aini akan dilakukan sambil memegang ubun ubun istri sambil membaca doanya.

Bacaam doanya yaitu “Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.” Yang Artinya “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

  1. Doa Untuk Pasangan Pengantin

Doa berikutnya yang bisa dipanjatkan untuk pasangan pengantin adalah doa setelah akad nikah. Doa ini biasanya akan dipanjatkan oleh para tamu undangan untuk mendoakan pasangan pengantin yang mengundangnya. Doa ini memberi harapan bahwa pasangan pengantin akan selalu Bahagia bersama membangun rumah tangga.

Doa untuk pengantin tersebut berbunyi “Bârakallâhu laka wa jama’a bainakumâ fî khairin. Bârakallahu likulli wâhidin minkumâ fî shâhibihi wa jama’a bainakumâ fî khairin.” Yang mempunyai arti “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

  1. Doa Agar Pengantin Mendapatkan Berkah

Doa berikutnya ini bisa dipanjatkan untuk memberikan ebrkah kepada pengantin yang sudah menikah. Dengan doa ini maka akan diharapkan pengantin senantiasa selalu dalam lindunganNya dan selalu diberikan keberkahan baik dimasa Bahagia maupun dimasa sulit keduanya nantinya.

Berikut adalah bacaan doa untuk pengantin yang ada dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Yang mempunyai arti “Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Abu Dawud no. 2130).

  1. Doa Pengantin Diberi Keturunan

Doa untuk pengantin berikutnya yang bisa dipanjatkan adalah doa agar pengantin dilancarkan dalam diberikan keturunan. Bacaan doanya adalah QS. As-Shafat yang berbunyi “Robbi hablii minash shoolihiin.” Yang mempunyai arti “Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku anak yang saleh”.

Itulah beberapa macam doa yang bisa dipanjatkan untuk para pasangan pengantin dengan tujuan kebaikan dan kebahagiaan. Doa yang dipanjatkan tersebut mempunyai arti dan makna yang dalam agar pasangan pengantin selalu senantiasa diberi berkah dan anugrah yang terbaik dari Allah SWT. Anda juga bisa download ayat kursi yang juga bisa diperdengarkan di sehari-hari.

 

Scroll to Top