Cara Mendidik Anak Laki-Laki Usia 2 Tahun yang Tepat

 

Mendidik anak laki-laki agar tumbuh menjadi anak yang berbudi luhur sudah bisa dilakukan sejak dini. Bahkan dari umur 2 tahun pun Anda sudah bisa mendidik anak laki-laki Anda. Cukup ajarkan beberapa hal berikut pada anak laki-laki Anda. Pertama, tanamkan rasa tanggung jawab sedari dini kepada anak Anda. Meskipun anak Anda belum mengerti apa itu tanggung jawab karena masih berumur 2 tahun, tidak masalah untuk mengajarkan mereka sedari dini. Jika anak Anda melakukan kesalahan, tentunya jangan dibela. Jika Anda terus melakukan hal tersebut, maka anak laki-laki Anda menjadi anak yang manja kelak.

 

Kita sering mendengar orangtua yang memarahi lantai saat anak mereka jatuh. Mereka akan menepuk lantai seakan “memarahi” lantai tersebut. Padahal hal yang sebaiknya orangtua lakukan adalah memberitahu anaknya bahwa dia bisa terjatuh ke lantai tersebut karena dia berjalan atau berlari dengan tidak hati-hati. Ini adalah kesalahan dari si anak, bukan dari lantai tersebut. Dengan demikian anak akan mengerti kesalahnnya sendiri dan mulai mengenal bentuk dari tanggung jawab.

 

Mendidik anak laki-laki usia 2 tahun bisa dilakukan dengan menjadi contoh yang baik. Anak menyerap apapun yang ada di lingkungannya. Karena itulah sebaiknya Anda harus bsia menjadi contoh yang baik bagi anak Anda. Jangan pernah memarahi atau membentak orang lain di depan anak. Hal ini akan beresiko anak mengikuti orangtuanya yaitu menjadi pemarah dan suka membentak.