Buzz & Bloom

Try to be a rainbow in someone’s cloud.

Cara

Tidak Perlu Panik, Kenali Ciri dan Cara Mengatasi Bayi Tersedak Susu Di sini

Menyusui si kecil tidak hanya menjadi cara untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk si kecil. Tetapi juga menjadi cara untuk bonding serta memberikan waktu Bunda untuk kedamaian. Hanya saja ada beberapa kondisi bayi tersedak saat minum susu. Jika bayi anda sering mengalaminya, maka harus mengetahui ciri dan cara mengatasi bayi tersedak susu.

Ciri dan Penyebab Bayi Bisa Tersedak Susunya

Melihat bayi tersedak ASI ataupun susunya pasti akan menjadi mimpi buruk untuk orang tua. Karena bisa jadi susu masuk ke dalam saluran pernapasannya dan membuat orang tua khawatir serta panik. Agar anda bisa mengambil pertolongan pertama, maka anda harus mengetahui ciri ciri bayi yang sedang tersedak dan juga butuh pertolongan segera.

Anda bisa melihat cirinya dari bayi yang akan kesulitan bahkan tidak bisa bernapas. Bayi yang mengalami sesak nafas biasanya akan mengeluarkan bunyi ngik ngik. Kemudian bayi juga akan kesulitan menangis, bersuara dan menangis. Wajahnya juga bisa membiru, di kondisi tertentu akan membuatnya lemas sampai pingsan.

Dalam kondisi ini orang tua hanya memiliki waktu beberapa menit saja untuk mengeluarkan susu yang masuk dalam saluran nafas. Sementara untuk penyebabnya salah satunya karena sistem organ bayi memang belum bekerja maksimal, terutama di usia 0 hingga 4 bulan. Katup tenggorokannya masih belum sempurna untuk mengatur cairan, sehingga ASI bisa masuk ke pernapasannya,

Selain itu penyebab lainnya bisa karena pasokan asi yang berlebih ataupun lubang dot yang terlalu besar. Aliran ASI atau susu yang terlalu kencang akan membuat bayi kesulitan untuk mengatur susu yang masuk ke dalam saluran tenggorokan. Penyebab lainnya juga bisa terjadi karena bayi yang sudah merasa kekenyangan.

Pertolongan Pertama untuk Bayi yang Tersedak

Langkah pertolongan pertama yang bisa anda lakukan saat si kecil tersedak yakni dengan membiarkannya untuk mengeluarkan benda asing di tubuhnya. Benda asing ini sebenarnya bisa keluar dengan sendiri dengan batuk. Tetapi jika tidak mampu, maka anda bisa membantunya untuk mengeluarkannya.

Caranya dengan meletakkan bayi di pangkuan anda dengan posisi tengkurap. Bagian kepala diletakkan lebih rendah dari punggungnya juga dari bagian bawah tubuh si kecil. Kemudian anda bisa menepuk di bagian punggung si kecil sebanyak 5 kali dengan perlahan. Anda juga bisa melihat ke dalam mulutnya, jika terdapat sesuatu anda harus semaksimal mungkin mengambilnya.

Namun apabila cara mengatasi bayi tersedak susu tersebut masih belum berhasil, maka anda bisa mencoba cara lainnya. Yakni dengan membuat posisi si kecil terlentang namun kepalanya menjadi lebih rendah. Anda bisa meletakkan dua jari di tengah dadanya, kemudian ditekan sebanyak 5 kali dengan perlahan. Jangan lupa untuk mengecek bagian dalam mulutnya juga.

Agar bayi tidak sampai tersedak, maka anda harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya yakni posisi menyusui yang pas. Pastikan mulut dan areola dalam kondisi yang pas dan pilih posisi yang nyaman. Kepala bayi juga harus lebih tinggi dari badan nya ketika sedang menyusu. Jika aliran ASI terlalu deras, maka anda bisa memerasnya lebih dulu.

Apabila bayi anda tersedak susu atau Asi, maka hal pertama yang wajib dilakukan tetap tenang dan tidak panik. Dengan begitu memungkinkan anda untuk segera mengambil tindakan pertolongan pertama. Selain itu juga bisa langsung menghentikan pemberian ASI. Bagi anda yang membutuhkan peralatan bayi berkualitas, anda bisa kunjungi drbrowns Indonesia.